Fakta Tentang Neuritis Vestibular Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Apakah Anda menderita masalah telinga, atau kadang-kadang kesulitan mendengar? Apakah saldo Anda tampak tidak baik akhir-akhir ini, atau apakah Anda pusing tanpa alasan yang jelas? Mungkin Anda menderita neuritis vestibular, yang juga disebut labyrinthitis. Ini adalah kesengsaraan yang mempengaruhi saraf vestibular, yang berada di telinga tengah. Ini dapat menyebabkan banyak masalah, dan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang secara negatif. Pusing adalah gejala utama, meskipun kadang-kadang efek samping yang lebih parah menyertainya.

Penyebab neuritis vestibular tidak selalu sangat jelas, meskipun kadang-kadang disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lainnya adalah infeksi saluran pernapasan atas, flu, atau terkadang bahkan pilek parah. Infeksi telinga tengah jarang menjadi penyebabnya, tetapi juga kemungkinan.

Masalah utama dengan neuritis vestibular adalah bahwa hal itu menyebabkan seseorang mengalami pusing atau vertigo, karena saraf vestibular menjadi pendukung utama keseimbangan di otak kita. Jika pesan yang salah dikirim ke otak bahwa gerakan itu terjadi padahal sebenarnya tidak, pusing adalah hasilnya. Ini dapat terjadi kapan saja dan sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan di mana mereka harus banyak bergerak, tinggal di tempat tinggi, atau mengendarai kendaraan. Dalam banyak kasus gejalanya datang dan pergi tanpa peringatan.

Ini adalah kondisi yang sangat sulit untuk didiagnosis juga; banyak orang dianggap hanya mengalami infeksi telinga bagian dalam dan diobati dengan antibiotik. Setelah pengobatan selesai dan gejalanya menetap, biasanya spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan diperlukan untuk mengetahui penyebab pastinya. MRI biasanya digunakan untuk menemukan masalahnya, dan penyakit lain yang lebih serius seperti tumor otak juga perlu disingkirkan.

Ada juga kondisi lain yang kadang-kadang keliru untuk neuritis vestibular, seperti vertigo posisi jinak yang merupakan hasil dari partikel yang sangat kecil dalam cairan telinga bagian dalam. Partikel-partikel secara longgar melayang di sekitar saluran telinga, dan mengganggu reseptor keseimbangan halus yang pada gilirannya mengirim sinyal yang salah ke otak. Gejalanya sama, meskipun penyebab yang sedikit berbeda adalah penyebabnya.

Apa saja perawatan untuk neuritis vestibular? Dalam banyak kasus, hanya sedikit yang bisa dilakukan kecuali untuk membuktikan kelegaan dengan antihistamin, atau antibiotik jika penyebabnya adalah dari infeksi bakteri. Namun dalam banyak kasus steroid seperti prednison digunakan untuk mengatasi masalah, walaupun berkali-kali tidak ada pengobatan yang berhasil. Dalam kasus-kasus ini, waktu adalah mereka hanya cara untuk menemukan bantuan – dengan menunggu sampai gejala neuritis vestibular hilang untuk selamanya.

Intinya adalah, jika Anda pernah mengalami vertigo, pusing, dan perasaan penuh di telinga bagian dalam Anda di satu sisi atau yang lain, Anda harus memeriksanya segera. Sering kali itu akan menjadi sesuatu yang mudah diatasi, seperti infeksi atau benda asing di telinga. Tetapi karena mendiagnosis neuritis vestibular sangat sulit, sadarilah bahwa langkah-langkah lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mencapai kebenaran masalah telinga bagian dalam Anda. Jangan menyerah, cari dokter yang mau menemukan diagnosa yang benar, apapun yang terjadi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>