Sering Sakit Kepala? Jangan-jangan Ini 7 Penyebabnya

December 25, 2020 Kesehatan  No comments

            Sakit kepala juga termasuk masalah kesehatan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Seringkali saat sakit kepala terjadi, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu karena harus istirahat. Maka mengonsumsi obat adalah pilihan yang tepat agar sakit kepala segera reda. Agar sakit kepala tidak terjadi terus menerus, sebaiknya ketahui apa yang menjadi penyebab dari sakit kepala dan apa saja yang menjadi pemicunya.

7 Kemungkinan Penyebab Sakit Kepala

1. Stres

            Stres bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang dialami seseorang. Stres bisa terjadi karena berbagai hal seperti pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga yang tidak kunjung selesai, tanpa disadari hal-hal tersebut bisa menyebabkan sakit kepala. Pelepasan zat kimia akan mengganggu oksigenasi pembuluh darah karena stres. Kondisi ini kemudian menyebabkan rasa nyeri di kepala. Tidak heran jika akhirnya sakit kepala terjadi.

2. Kurang istirahat

            Kurang istirahat juga bisa menjadi penyebab lain dari sakit kepala. Kurangnya waktu tidur serta tidak teratur bisa menimbulkan sakit kepala yang terus menerus. Sehingga penting untuk memperhatikan pola dan waktu tidur untuk memiliki kesehatan yang baik dan mencegah sakit kepala. Melakukan pekerjaan memanglah hal yang penting tetapi bukan berarti mengorbankan waktu tidur dan membiarkan tubuh lelah tanpa istirahat.

3. Inflamasi atau peradangan

            Radang yang berhubungan dengan THT merupakan radang yang bisa menyebabkan sakit kepala terus menerus. Radang ini adalah radang sinus (sinusitis), hidung khususnya hidung bagian atas, radang tenggorokan (faringitis), radang telinga (otitis). Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami salah satu dari radang THT agar segera mendapatkan pertolongan medis.

4. Lingkungan sehari-hari

            Asap rokok bisa mempengaruhi kesehatan seseorang dan menjadi penyebab dari lingkungan yang bisa menimbulkan sakit kepala. Asap rokok bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang. Alasannya karena pembuluh darah pada otak menyempit yang disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok. Maka penting untuk melindungi dari asap rokok untuk mencegah sakit kepala dan penyakit lainnya yang rentan terjadi karena asap rokok. Jangan segan untuk melarang seseorang saat merokok sembarangan.

5. Penggunaan obat nyamuk (bakar)

            Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh obat nyamuk berlebihan di ruangan tertutup. Obat nyamuk sebenarnya adalah racun. Sering tidak disadari dalam jumlah kecil akan membunuh nyamuk tetapi juga bisa menimbulkan efek negatif bagi manusia. Asap dan bau yang ditimbulkan bisa membuat sesak nafas dan sakit kepala. Obat nyamuk bakar yang digunakan dan dinyalakan semalaman dalam ruangan tertutup bisa membuat keracunan pada manusia.

6. Tidur di ruangan tertutup

            Sakit kepala juga bisa terjadi karena tidur di ruangan yang tertutup. Apalagi tidur dengan jumlah orang yang banyak di ruangan yang tertutup, hal ini bisa membuat keracunan karbon dioksida (CO2). Tidak heran jika akhirnya menyebabkan sakit kepala di pagi sampai siang hari.

7. Kafein

            Kafein pada kopi ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Alasannya karena konsumsi kopi dalam jumlah banyak setiap hari membuat kafein menumpuk di dalam tubuh. banyak orang memang memanfaatkan kopi sebagai antinyeri. Bahkan faktanya obat sakit kepala juga menambahkan kafein sebagai salah satu kandungannya. Jika mengonsumsi kopi secara berlebihan, yang terjadi adalah kadar kafein yang terlalu tinggi bisa menimbulkan sakit kepala.

            Itulah 7 penyebab dari terjadinya sakit kepala. Sebaiknya hindari penyebab di atas agar sakit kepala tidak terjadi terus menerus. Jika membutuhkan obat sakit kepala, jangan ragu untuk membeli di obat apps, disana tersedia layanan beli obat secara online melalui aplikasi di Klikdokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>